Jumat, 02 Desember 2011

prota/prosem

PROGRAM TAHUNAN
SMP NEGERI 275 Jakarta

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
Tahun Pelajaran : 2007 – 2008

SMT STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR ALOKASI WAKTU KET
1 Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan membaca Menganalisis laporan 4
3. Menanggapi laporan 2
4. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memintai, membaca cepat 3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit 2
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama 4
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas dan petunjuk 4.1 Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar 2
Berbicara
2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar 4
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai 4
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja 7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia 4
Berbicara
2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara 4
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, petunjuk Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku 2
Mendengarkan
5. Mengapresiakan pementasan drama 5.1 Menanggapi unsur pementasan naskah drama 4
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
4
Berbicara
10. Mengemukakan pikiran, perasaan dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler 10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun
4
Menulis
4. Mengungkapkan indormasi dalam bentuk laporan, surat dinas dan petunjuk Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif 2
Mendengarkan
5. Mengapresiasikan pementasan drama 5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama 4
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama 4
Berbicara
10. Mengemukakan pikiran, perasaan dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler Menyampaikan persetujuan, sanggahan dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan 4
Membaca
3. Memahami ragam Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenar-benarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah 4
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran 6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa 4
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis oleh siswa 4
2 Mendengarkan
9. Memahami isi / berita dari radio / televisi 9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio / televisi 2
9.2 Mengemukakan pokok-pokok berita yang didengar dan atau ditonton 4
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif dan membaca nyaring Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif 4
Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif 4
Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas 4
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman teks berita, slogan/poster Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer 4
Menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas 4
Menulis slogan / poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif 2
Mendengarkan
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli/terjemahan) yang dibaca Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli/terjemahan) yang dibacakan 2
Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli/terjemahan) yang dibacakan 4
Mendeskripsikan alur novel remaja (asli/terjemahan) yang dibacakan 2
Berbicara
14. Mengapresiasikan kutipan novel remaja (asli/terjemahan melalui kegiatan diskusi) Mengomentari kutipan novel remaja (asli/terjemahan) 2
Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli/terjemahan) 4
Membaca
15. Memahami buku novel (asli/terjemahan) antologi puisi Menjelaskan alur cerita, pelaku dan latar novel remaja (asli/terjemahan) 4
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi 4
Menulis
16. Mengungkapkan pikiran, dan perasan dalam puisi Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai 4
Menulis puisi bebas dengan menggunakan unsur persajakan 2
JUMLAH


Jakarta, Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 275 Jakarta Guru Mata Pelajaran



Dra.Hj.Adriati,M.M. Dra.Hj.Adriati,M.M.
NIP.131265285 NIP.131265285







PROGRAM SEMESTER
SMP NEGERI 275 JAKARTA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VIII / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2007 – 2008

No KOMPETENSI DASAR Alokasi Waktu BULAN
Juli Agustus September Oktober November Desember
3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 1.1 Menganalisis laporan 4 M
1.2 Menanggapi laporan 2 O
Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit 2 S
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama 4
2 4.1 Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar 2
2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar 4
Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai 4
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia 4
Ulangan Harian 1
3 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku 2
5.1 Menanggapi unsur pementasan naskah drama 4
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide 4
Ulangan Harian 2 2
4 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun 4
Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif 2
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama 4
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama 4
5 Menyampaikan persetujuan, sanggahan dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan 4
Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenar-benarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah 4
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa 4
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis oleh siswa 4
Ulangan Harian 3 2
Ulangan Umum 4


Mengetahui, Jakarta, Juli 2007
Kepala SMP Negeri 275 Jakarta Guru Mata Pelajaran



Dra.Hj.Adriati,M.M. Dra.Hj.Adriati,M.M.
NIP.131265285 NIP.131265285




PROGRAM SEMESTER
SMP NEGERI 275 JAKARTA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VIII / 2 (DUA)
Tahun Pelajaran : 2007 – 2008


No KOMPETENSI DASAR Alokasi Waktu BULAN
Januari Februari Maret April Mei Juni
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1. 9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi 2 LIBUR SMT 1 UJIAN NASIONAL UJIAN SEKLAH ULANGAN UMUM SEMESTER GENAP
9.2 Mengemukakan kembali yang didengar/ditonton melalui radio/televisi 4
11.1 Menemukan maslah utama dan berbagai berita yang bertopik sama melalui membaca intensif 4
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif 4
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang keras 4
Ulangan Harian 1 2
2 12.1 Menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer 4
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas 4
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan berita 2
3 13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 2
Ulangan Mid Semester 4
13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 4
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 2
Ulangan Harian 2
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 2
14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 4
4 15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) 4
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi 4
16.1 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang sesuai 4
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan persajakan 2
Ulangan Harian 3 2
Cadangan 4



Mengetahui, Jakarta, Juli 2007
Kepala SMP Negeri 275 Jakarta Guru Mata Pelajaran



Dra.Hj.Adriati,M.M. Dra.Hj.Adriati,M.M.
NIP.131265285 NIP.13126528

Tidak ada komentar:

Posting Komentar